22 September 2014  
Nama Login :
Kata sandi :
- Lupa Kata Sandi ?
- Pendaftaran
- Webmail
 
 
 
 
 
Bursa Transmigrasi
KTM
Kementerian Tenaga K

Kota Terpadu Mandiri (KTM) TOBADAK
Tanggal: 06 Aug 2008
Sumber: Depnakertrans

BursaTransmigrasi.net - Jakarta,

Kota Terpadu Mandiri (KTM) Tobadak, Provinsi Sulawesi Barat

 

1.      Latar Belakang

Kota Terpadu Mandiri (KTM) Tobadak adalah kawasan transmigrasi yang pembangunannya dirancang menjadi pusat pertumbuhan yang mempunyai fungsi perkotaan melalui pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Fungsi yang dimaksud antara lain meliputi :

                      a.         Pusat kegiatan ekonomi wilayah.

                     b.         Pusat kegiatan industri pengolahan hasil.

                      c.         Pusat pelayanan jasa dan perdagangan.

                     d.         Pusat pendidikan dan pelatihan.

                      e.         Sarana pemerintahan.

                      f.          Fasilitas umum dan sosial.

Provinsi Sulawesi Barat merupakan provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan Undang-Undang No. 24 Tahun 2004. Hingga saat ini pemerintah Provinsi Sulawesi Barat terus melaksanakan pembangunan di berbagai bidang agar dapat segera mensejajarkan diri dengan provinsi lainnya.

Kekayaan sumber daya alam Provinsi Sulawesi Barat mendukung Sulawesi Barat. Selain terdapat cukup banyak lahan untuk pengembangan berbagai komoditas unggulan, sumber daya hutan, deposit berbagai jenis bahan tambang serta sumber daya pesisir dan kelautan masih belum digarap secara optimal. Semua potensi sumber daya alam tersebut dapat dikemas menjadi daya tarik investasi yang dapat membuka peluang usaha serta menciptakan banyak lapangan kerja. Untuk mempercepat perkembangan, maka perlu dilakukan upaya terobosan yang memiliki bobot revitalisasi terhadap sejumlah sumber daya andalan, melalui pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM).

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengusulkan pembangunan KTM Tobadak sebagai pusat pertumbuhan ekonomi bagi kawasan Tobadak. Kawasan ini dibentuk oleh 22 Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) yang sudah diserahkan dan 5 desa setempat. Disamping itu masih tersedia kurang lebih 49.500 ha lahan pengambangan yang dapat diintegrasikan ke dalam kawasan.

2.      Tujuan Pembangunan dan Pengembangan KTM

a.       Mencipkatakn sentra-sentra agribisnis dan agroindustri yang mampu menarik investasi swasta untuk menumbuhkembangkan kegiatan ekonomi transmigrasi dan penduduk sekitar, serta membuka peluang usaha dan kesempatan kerja.

b.      Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan transmigran dan penduduk sekitar.

c.       Meningkatkan kemudahan transmigran dan penduduk sekitar untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar.

 

3.      Sasaran Pembangunan dan Pengembangan KTM

a.       Terarahnya proses pembangunan dan pengembangan KTM di kawasan transmigrasi.

b.      Terciptanya kesempatan kerja dan peluang berusaha di kawasan transmigrasi.

 

4.      Gambaran Umum KTM Tobadak

Kawasan KTM Tobadak terletak di Kabupaten Mamuju dengan ibukotanya di Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Secara administratif kawasan ini tercakup dalam 3 kecamatan, yaitu Topoyo, Tobadak dan Budong-Budong, dengan luas kawasan kurang lebih 107.500 ha.

Secara geografis kawasan Tobadak terletak di bagian barat pulau Sulawesi dan berbatasan langsung dengan selat Makassar, yaitu :

                      a.         Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Karosa.

                     b.         Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pangale dan Tommo.

                      c.         Sebelah Barat berbatasan dengan selat Makassar.

                     d.         Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Luwu Utara.

Secara regional Kawasan Tobadak dilalui oleh jalan trans Sulawesi lintas barat dari Makassar ke Palu (Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah). Kawasan Tobadak menghadap selat Sulawesi yang merupakan jalur ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) dengan lalu lintas pelayaran yang cukup ramai, baik jalur untuk ke luar negeri maupun ke kota-kota di provinsi lain. Begitu juga Kawasan Tobadak berhadapan dengan pantai timur pulau Kalimantan yang merupakan kawasan industri (Kota Balikpapan).

Kedudukan kawasan secara regional dengan pusat KTM di Topoyo/Tobadak merupakan Orde III. Kemudian Mamuju sebagai ibukota kabupaten sekaligus menjadi pusat provinsi yang berjarak 115 km menjadi Orde II yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan. Kutub-kutub pertumbuhan seperti Makassar (Provinsi Sulawesi Selatan), Palu (Provinsi Sulawesi Tengah) dan Balikpapan (Provinsi Kalimantan Timur) sangat membantu pertumbuhan kawasan ini secara nasional.

 
  
 
 
  
  
  
  
 
  
 
  
 
 
 
 
 
  

 
 
 
2005 Bursa Transmigrasi. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang. Saran dan komentar ke: info@bursatransmigrasi.net