31 October 2014  
Nama Login :
Kata sandi :
- Lupa Kata Sandi ?
- Pendaftaran
- Webmail
 
 
 
 
 
Bursa Transmigrasi
KTM
Kementerian Tenaga K

Transmigrasi, Solusi Bentrokan Warga
Tanggal : 25 Feb 2011
Sumber : www.poskota.co.id

BursaTransmigrasi.net, GAMBIR (Pos Kota) – Padatnya penduduk dan lingkungan pemukiman menjadi salah satu faktor seringnya terjadi bentrok warga di Johar Baru, Jakarta Pusat (Jakpus). Walikota Jakpus, H. Saefullah menawarkan solusi dengan program transmigrasi.

“Wilayah Johar Baru merupakan yang terpadat di Asia Tenggara, sehingga dirasa perlu ada perbaikan. Salah satu uoaya pencegahannya dengan transmigrasi,” jelas Saefullah, Jumat (26/2).

Namun, program tersebut harus diiringi niat dari warga setempat untuk mendukungnya. Sayangnya, warga Johar Baru masih bersikap apatis atas program tersebut yang telah ditawarkan.

Kepala Seksi Penempatan Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakpus, Budi Pramono menambahkan program transmigrasi telah disosialisasikan kepada warga di Johar Baru.

Namun, kendalanya minimnya minat warga. Apalagi mayoritas yang tawuran adalah anak-anak muda yang belum berkeluarga, sementara syarat transmigrasi harus sudah berkeluarga.

“Terkadang orang tuanya mau ikut transmigarsi, tapi anaknya menolak, ini yang juga jadi kendala,” kata Budi.

Saat ini di Jakpus membuka peluang bagi 400 kepala keluarga (KK) untuk ikut transmigrasi yang dibiayai dengan APBD. Adapun persyaratannya, selain sudah berkeluarga, ber KTP DKI Jakarta, mengisi formulir, berkelakuan baik dan yang utama mempunyai ketrampilan.

Mereka nantinya akan diberikan lahan dua hektar dan diberikan keperluan pokok seperti sandang, peeralatan tidur, alat penerangan dan lain-lain.

Ada beberapa daerah tujuan tarnsmigrasi seperti Aceh, Sumatera Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur. Warga yang berminat dapat mendaftar di kantor kecamatan setempat atau di Sudin Tenaga kerja dan Transmigrasi. (tarta/dms)

[ Indeks | Cetak | Teman ]

 
 
 
2005 Bursa Transmigrasi. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang. Saran dan komentar ke: info@bursatransmigrasi.net