21 December 2014  
Nama Login :
Kata sandi :
- Lupa Kata Sandi ?
- Pendaftaran
- Webmail
 
 
 
 
 
Bursa Transmigrasi
KTM
Kementerian Tenaga K

35 KK di Kab. Bogor ikut transmigrasi ke Sumatra & Kalimantan
Tanggal : 20 Sep 2012
Sumber : bisnis-jabar.com

BursaTransmigrasi.net, BOGOR (bisnis-jabar.com): Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan memberangkatkan 35 kepala keluarga untuk mengikuti program transmigrasi tahun ini.

“Tahun ini ada 35 kepala keluarga yang akan kita berangkatkan transmigrasi di daerah Sumatra dan Kalimantan,” kata Kepala Bidang Transmigrasi pada Dinsosnakertrans Kabupaten Bogor, M Zuhri Awar saat dihubungi di Bogor, Selasa.

Anwar mengatakan, ke 35 kepala keluarga ini dibagi dua, sebanyak 25 kepala keluarga akan dikirim ke Banyuasin Sumatera Selatan dan 10 kepala keluarga dikirim ke Kabupaten Sambas Kalimatan Barat.

Sedikitnya jumlah calon peserta transmigrasi, Anwar menyebutkan hal ini sudah sesuai kuota yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Penetapan jumlah kuota bukan merupakan hak Dinsosnakertrans Kabupaten Bogor melainkan wewenang Pemerintah Pusat,” katanya.

Sebenarnya, lanjut Anwar, tahun ini sudah ada 283 kepala keluarga yang mendaftar untuk ikut program transmigrasi.

Mereka yang mendaftar merupakan kepala keluarga yang kebanyakan berasal dari wilayah Barat Kabupaten Bogor.

“Kawasan Barat Kabupaten Bogor, dikenal sebagai wilayah pertanian,” kata Anwar.

Untuk jadwal keberangkatan, Anwar menyebutkan, kemungkinan para kepala keluarga ini akan diberangkatkan para awal oktober.

Mereka yang akan diberangkatkan, tentunya akan diseleksi untuk memenuhi kualifikasi program transmigrasi.

Para calon peserta transmigrasi haruslah mengikuti seleksi administrasi terlebih dahulu. Mereka wajib menyerahkan beberapa data identitas diri diantaranya, KTP, Kartu Keluarga (KK), surat nikah dan harus penduduk asli Bogor.

“Setelah administrasi lengkap diserahkan, akan dilakukan wawancara untuk mengetahui keseriusan mereka, untuk ikut program ini, kita lihat dari minat dan motivasinya untuk ikut transmigrasi,” kata Anwar.

Selanjutnya, kata Anwar, setelah lulus persyaratan administrasi dan wawancara. Para calon peserta transmigrasi akan diberikan pelatihan untuk dijadikan bekal di wilayah tujuan transmigrasi mereka nanti.

Materi dalam pelatihan tersebut antara lain, teknologi pertanian, teknologi tepat guna, pengenalan wilayah tujuan transmigrasi dan pelatihan lainnya.

Anwar menyebutkan, program transmigrasi di wilayah Kabupaten Bogor telah berlangsung sejak 1997. Hingga kini program tersebut terus berjalan maksimal tanpa ada kendala.

Menurutnya, melalui program transmigrasi ini diharapkan peserta transmigrasi dapat meningkatkan taraf hidupnya.

“Karena di sana di daerah garapannya, mereka akan diberikan lahan secara cuma-cuma untuk digarap sebagai sumber mata pencaharian mereka,” kata Anwar.

Transmigrasi merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya mereka yang selama ini hanya menjadi buruh tani. Jika di daerah asal mereka tidak memiliki lahan, maka diwilayah tujuan transmigari mereka akan diberikan lahan untuk bercocok tanam.

[ Indeks | Cetak | Teman ]

 
 
 
2005 Bursa Transmigrasi. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang. Saran dan komentar ke: info@bursatransmigrasi.net