02 September 2014  
Nama Login :
Kata sandi :
- Lupa Kata Sandi ?
- Pendaftaran
- Webmail
 
 
 
 
 
Bursa Transmigrasi
KTM
Kementerian Tenaga K

Program Transmigrasi di Aceh Kembali Digelar
Tanggal : 24 Mar 2013
Sumber : economy.okezone.com

BursaTransmigrasi.net,

JAKARTA - Program transmigrasi yang pernah terhambat akibat dari konflik bersenjata di Aceh kini mulai memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, pelaksanaan program transmigrasi di Provinsi Aceh akan kembali dimulai dari awal.

"Keadaan dan kondisi Aceh saat ini sudah benar-benar aman dan damai. Kita akan kembali mengembangkan transmigrasi sehingga kemajuan ekonomi masyarakat akan semakin lebih baik. Saya akan bantu semaksimal mungkin," kata Muhaimin dalam keterangan persnya, Jakarta, Minggu (24/3/2013).

Dalam kunjugan kerjanya ke Provinsi Aceh, Muhaimin mengatakan, selain untuk pengembangan ekomoni masyarakat, program transmigrasi yang akan dilakukan pemerintah di wilayah Aceh diharapkan dapat memanfaatkan lahan-lahan kosong lebih produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Intinya transmigasi di Aceh akan dimulai lagi dari awal, karena pasca konflik ada beberapa kawasan transmigrasi ditinggalkan mengungsi dan tidak tergarap dengan baik serta adanya beberapa persoalan," tutrnya.

Dia menjelaskan keberadaan transmigrasi menjadi solusi bagi pengembangan kembali lahan-lahan pertanian dan perkebunan seperti tanaman pangan, karet, sawit maupun usaha peternakan dan perikanan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekitar.

"Belum diputuskan jumlah transmigran yang akan dikirim, tapi kami akan menyiapkan dulu beberapa persiapan yang dibutuhkan. Kita butuh transmigran yang berkualitas dan memiliki keterampilan kerja," tukasnya.
 
Bupati Nagan Raya, HT Zulkarnaeni mengatakan, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu, Pemkab setempat akan segera membuka dua lokasi unit pemukiman transmigrasi (UPT) yang meliputi Desa Kabu Kecamatan Seunagan Timur dan Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang.

"Di lokasi itu akan dibangun sarana perumahan, jalan, serta berbagai infrastruktur serta lahan perkebunan dan pertanian bagi masyarakat," kata Zulkarnaini.

Zulkarnaini menambahkan, saat ini ada 12 lokasi UPT transmigrasi yang tersebar di berbagai wilayah di Nagan Raya dengan jumlah penduduk mencapai 6.000 orang. (wan)

[ Indeks | Cetak | Teman ]

 
 
 
2005 Bursa Transmigrasi. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang. Saran dan komentar ke: info@bursatransmigrasi.net