KAMPUNG INGGERIS TRANSMIGRASI RESMI BERDIRI
Tanggal: 02 Aug 2012
Sumber: http://sumasberbagi.blogspot.com

BursaTransmigrasi.net,

BANJARMASIN. Kamis, 2 Agustus 2012 sekitar pukul 09.50 wita, Ir. Jamaluddien Malik, MM, Direktur Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi, Kemenakertrans (Dirjen P2KTrans) mulai memasuki jalan penghubung menuju Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Beliau didampingi oleh Anton Simbolon, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, dan Dr. Ir. Sugiarto Sumas, MT, Direktur Partisipasi Masyarakat. Ditjen P2KTrans Kemenakertrans. Di muara jalan penghubung tersebut, tepatnya di kepala jembatan saluran drainase utama, tergantung spanduk berwarna hijau: Selamat Datang Dirjen Transmigrasi beserta rombongan Di Kampung Inggeris Transmigrasi. Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala. English Village of Transmigration Community "Ready for Succes". Karang Indah 02- 08 - 2012.

Setelah sekitar 5 menit menempuh perjalanan dengan menaiki kendaraan roda empat, rombongan tiba di Balai Desa Karang Indah. Pejabat daerah yang menyambut adalah: Supriono, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala; Ridho, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi; Alfian, Dinas Peternakan; Asmadi, Asisten 2; dan Zul, dari Bappeda. Penyambut lainnya adalah Kepala Desa dan Sekretaris serta tokoh masyarakat Desa Karang Indah. Sarjana Pendidikan jurusan Bahasa Inggeris 2 orang, dan seorang alumni Kampung Inggeris Pare, Kediri Jawa Timur.

Pertemuan di balai desa diawali dengan paduan suara oleh 10 anak putra dan putri berumur 10 - 12 tahun membawakan lagu dalam bahasa Inggeris. Lagu pertama berjudul "Enjoy" disusul lagu kedua yang saya tidak tahu judulnya. Kedua lagu berbahasa Inggeris tersebut dibawakan cukup kompak. Sementara spanduk di belakang panggung bertuliskan "We are ready to learn English".

Sambutan selamat datang dari Sekda Kabupaten Barito Kuala menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten mendukung sepenuhnya rencana pendirian kampung Inggeris di desa Karang Indah, baik Bupati maupun Wakil Bupati sudah menyatakan dukungannya langsung disampaikan kepada masyarakat desa pada saat kunjungan sebelumnya. Termasuk akan membantu infrastruktur penunjang berupa peningkatan jalan penghubung menuju pusat desa.

Dirjen P2KTrans Kemenakertrans menyatakan bahwa tujuan kunjungan kerja kali ini adalah untuk mengkonfirmasi kesiapan SDM, kelembagaan desa, dan dukungan masyarakat serta pemerintah daerah terhadap pendirian kampung inggeris transmigrasi. Terus terang pada awalnya saya ragu, tetapi setelah melihat dan mendengarkan penjelasan pemerintah daerah dan masyarakat, serta mendengarkan paduan suara anak anak tadi, saya yakin bahwa kampung inggeris ini dapat diwujudkan. Harapan saya agar Kampung Inggeris transmigrasi dijadikan program desa, bukan programnya Direktur Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dengan cara ini, maka unit kerja lain, baik setingkat eselon I maupun setingkat kementerian, baik pusat maupun daerah, dapat bersama sama mensukseskan Kampung Inggeris Transmigrasi.

Dialog dengan DPW Patri Kalimantan Selatan, Camat Mandastana yang juga sebagai Ketua DPD Patri Kabupaten Barito Kuala, Kepala Desa Karang Indah, serta Sekretaris Desa Karang Indah, pada intinya mengemukakan kemajuan persiapan pembentukan Kampung Inggeris Transmigrasi. Secara sosial masyarakat menyambut baik dan sudah tidak sabar menunggu. Secara ekonomi tingkat pendapatan masyarakat desa yang berasal dari produksi jeruk siam dan beras karang unus cukup tinggi. Secara kelembagaan, sudah dibentuk Badan Usaha Desa yang akan menjadi badan pengelola. Sumberdaya pendukung di desa sudah tersedia dua sarjana pendidikan jurusan Bahasa Inggeris dan seorang alumni Kampung Inggeris Pare yang telah menempuh pelatihan selama 9 bulan, serta masih ada 2 orang lagi yang sedang berlatih di Pare.

Memperhatikan tingginya kemandirian masyarakat untuk pembentukan Kampung Inggeris Transmigrasi, dan menyimak isi arahan Direktur Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi dan laporan Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan, yang berupa apresiasi dan dukungan terhadap pembentukan Kampung Inggeris Transmigrasi, maka pertemuan tersebut adalah sebuah kebulatan tekad untuk membentuk Kampung Inggeris Transmigrasi di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan perkataan lain, meskipun tanpa pengguntingan pita atau penekanan tombol peresmian, tetapi kebulatan tekad tersebut sama saja dengan peresmian berdirinya Kampung Inggeris Transmigrasi. Iya, dengan mengambil momentum saat anak-anak Kampung Karang Indah menyanyikan lagu "Enjoy", maka saat itu Kampung Inggeris Transmigrasi resmi berdiri, tepatnya pada hari Sabtu, 2 Agustus 2012, pukul 10.15 wita. Selamat dan semoga sukses. (S.Sumas).

[ Indeks | Cetak | Teman ]